2012年10月3日星期三

Fenomena Perubahan Keadaan Air dalam Pembentukkan Awam dan Hujan 雨的循环





Objektif: Pelajar memahami Pembentukkan Awam dan Hujan 

        Hujan adalah peristiwa turunnya air dari langit ke bumi. Awalnya air hujan berasal dari air dari bumi seperti air laut, air sungai, air danau, air waduk, air rumpon, air sawah, air comberan, air susu, air jamban, air kolam, air ludah, dan lain sebagainya. Selain air yang berbentuk fisik, air yang menguap ke udara juga bisa berasal dari tubuh manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan, serta benda-benda lain yang mengandung air,

        Hujan merupakan satu bentuk presipitasi yang berwujud cairan. Presipitasi sendiri dapat berwujud padat (misalnya salju dan hujan es) atau aerosol (seperti embun dan kabut). Hujan terbentuk apabila titik air yang terpisah jatuh ke bumi dari awan. Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi karena sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering. Hujan jenis ini disebut sebagai virga. 

      Hujan memainkan peranan penting dalam siklus hidrologi. Lembaban dari laut menguap, berubah menjadi awan, terkumpul menjadi awan mendung, lalu turun kembali ke bumi, dan akhirnya kembali ke laut melalui sungai dan anak sungai untuk mengulangi daur ulang itu semula.

         Air-air tersebut umumnya mengalami proses penguapan atau evaporasi akibat adanya bantuan panas matahari. Air yang menguap / menjadi uap melayang ke udara dan akhirnya terus bergerak menuju langit yang tinggi bersama uap-uap air yang lain. 

         Di langit yang tinggi uap tersebut mengalami proses 
pemadatan atau kondensasi sehingga membentuk awan. Dengan bantuan angin awan-awan tersebut dapat bergerak kesana-kemari baik vertikal, horizontal dan diagonal, Akibat angin atau udara yang bergerak pula awan-awah saling bertemu dan membesar menuju langit / atmosfir bumi yang suhunya rendah atau dingin dan akhirnya membentuk butiran es dan air. Karena berat dan tidak mampu ditopang angin akhirnya butiran-butiran air atau es tersebut jatuh ke permukaan bumi (proses presipitasi). 


         semakin rendah suhu udara semakin tinggi maka 
es atau salji yang terbentuk mencair menjadi air, namun jika suhunya sangat rendah maka akan turun tetap sebagai salji.





Nota ringkas Pembentukan hujan terjadi dalam

 3 peringkat.:


Pertama,

Bahan asas dalam hujan naik ke udara melalui

tiupan angin. 


Kemudian, 

Awan pun terbentuk dan 


Akhirnya,

Titisan hujan pun timbul.





Sila Tekan:
http://v.youku.com/v_show/id_XMjE3NjMwOTQ0.html

Sila Tekan:
http://v.youku.com/v_show/id_XMjE3NjMzMjI0.html

PROSES TERJADINYA HUJAN:




Sila lihat:







8 条评论:

  1. Saya sangat suka akan gambar proses kitaran hujan, good job!

    回复删除
  2. saya akan berusaha lagi,terima kasih cikgu Liew

    回复删除
  3. Blog cikgu menarik dan memberi penerangan dengan teliti.

    回复删除
  4. many of useful information can be found here. good job, teacher!

    回复删除